Kamis, 21 Oktober 2010

Mengenal Virus Komputer

Di era globalisasi ini, komputer telah dianggap sebagai sarana yang paling efektif untuk bekerja, salah satu alasannya karena dapat menyimpan berbagai data yang diperlukan, baik oleh individu, sebuah perusahaan, atau instansi tertentu. Namun di sisi lain, benda yang memiliki nilai guna sangat tinggi tersebut terkadang dapat membuat Anda menjadi panik, kecewa, bahkan stres berat. Apakah penyebabnya? Hal itu jika data yang tersimpan di dalam komputer terserang virus, sehingga data sulit ditemukan atau bahkan terhapus secara permanen. 

Seperti kata pepatah, semakin tinggi pohon semakin kencang pula angin menerpanya. Begitu pula dengan nasib pengguna komputer bersistem operasi Windows saat ini, karena jumlahnya sangat banyak, maka muncul juga orang pintar usil, dan kurang kerjaan yang menghabiskan waktunya hanya untuk membuat program pengganggu bernama malware (virus, worm, spyware atau lainnya). Tugas utama program tersebut adalah mengganggu kinerja komputer yang sedang digunakan. 

Pada dasarnya, programmer-programmer lokal kurang kerjaan inilah yang menyebabkan munculnya banyak virus di Indonesia. Kepandaian yang dimiliki namun tidak diiringi dengan pembawaan diri, etika dan moral yang baik, akhirnya hanya menimbulkan kesusahan dan kerugian waktu maupun uang bagi bangsa sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar